Kamis, 21 Mei 2009

Becoming A Person Influence (part 3)

Orang yang Berpengaruh Memelihara Orang Lain

Jika Anda memiliki anjing di rumah. Anda akan memberinya makan setiap hari. Dengan Anda memberinya makan, dia akan setia kepada Anda. Memberinya makan adalah bukti perhatian Anda kepadanya. Dengan perhatian yang Anda beri dikembalikan dengan loyalitas kepatuhan dan kasih sayang.
Dalam beberapa hal, orang berespon serupa dengan anjing. Pemberian makan kepada orang-orang yang Anda pimpin adalah berupa dorongan, pengakuan, rasa aman, dan harapan. Hal-hal ini adalah kebutuhan dasar setap manusia. Dalam melakukan hal-hal tersebut yang terpenting adalah ketulusan hati.
Memelihara orang-orang yang Anda pimpin bukanlah membuat mereka bergantung pada Anda. Jika Anda membiarkan mereka bergantung pada Anda, sebenarnya Anda menyakiti mereka bukan menolong. Tujuan dari pemeliharaan orang lain adalah menolong menumbuhkan kemandirian orang tersebut. Dan Anda dapat melakukan semuanya itu jika Anda memiliki kasih.
Dalam memelihara orang lain, selain kasih juga diperlukan respek. Respek adalah mengakui kemampuan atau potensi orang lain untuk memberikan kontribusi. Mendahulukan kepentingan mereka terlebih dahulu ketimbang kepentingan Anda pribadi. Dan satulagi yang penting dalam pemeliharaan adalah rasa aman. Jika seseorang tidak merasa aman bersama Anda, mereka tidak ankan mempercayai Anda dan tiak akan mengeluarkan potensi maksimal mereka.
Setelah Anda melakukan tiga hal tersebut, jangan lupa untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang layak mendapatkannya. Bagi mereka yang belum layak mendapatkannya, berilah mereka dorongan, beri mereka harapan. Jika mereka memiliki harapan dan didorong mereka akan dapat menghadapi hal-hal yang mustahil dan mengatasi penderitaan yang luar biasa. Buatlah setiap mereka merasa diperhatikan, kebutuhan mereka terjawab, dan bahwa setiap mereka penting.

Orang yang Berpengaruh Percaya Kepada Orang Lain

Percaya kepada orang lain adalah kualitas penting dari seseorang yang berpengaruh ketika bekerja dengan orang lain. Namun hal ini jarang ditemui pada masa ini. Kenyataan atau fakta-fakta yang ada saat ini:

a. Kebanyakan orang justru tidak percaya dengan dirinya sendiri, malahan percaya bahwa mereka pasti gagal. Mereka selalu melihat dan berfokus pada kesulitan-kesulitan yang ada yang membuat mereka menjadi sangat pesimis. Kesulitan jarang mengalahkan orang, ketidak percayaan itulah yang mengalahkan orang.

b. Banyak orang tidak mempunyai seseorang yang percaya kepada mereka.

c. Banyak orang mengetahui ketika seseorang mulai percaya kepada mereka. Sungguh-sungguh memiliki kepercayaan kepada seseorang dapat mengubah hidup orang yang bersangkutan.

d. Banyak orang akan mengerjakan apa saja untuk memenuhi kepercayaan Anda kepada mereka.

Bagaimana menjadi orang yang percaya kepada orang lain:

a. Percaya kepada mereka sebelum mereka berhasil.
b. Teguhkan kekuatan mereka. Pujilah apa yang mereka kerjakan dengan baik, baik secara empat mata atau terbuka di tempat umum. Katakan bahwa Anda menghargai kualitas positif dan ketrampilan mereka.
c. Sebutkan kesuksesan mereka di masa lalu.
d. Tanamkan kepercayaan ketika mereka gagal.
e. Alamilah kemenangan bersama-sama.
f. Harapkan satu tingkat kehidupan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar