Selasa, 26 Mei 2009

Becoming A Person Influence (part 5)

Orang yang Berpengaruh Mengembangkan Orang Lain

Mengembangkan orang lain adalah investasi. Menolong mereka mengembangkan diri mereka sendiri adalah salah satu hal yang paling luar biasa yang dapat Anda lakukan. Ketika Anda mengebangkan orang lain, Anda melakukan beberapa hal:
a. Meningkatkan taraf hidup mereka
b. Meningkatkan potensio mereka untuk berhasil
c. Meningkatkan potensi mereka untuk berhasil
d. Meningkatkan kapasitas mereka untuk bertumbuh
e. Meningkatkan potensi organisasi Anda

Jadikan diri Anda sebagai seorang pengembang. Pilihlah secara cermat orang-orang yang akan dikembangkan. Pilihlah orang-orang yang filosofi hidupnya serupa dengan filosofi Anda, yang dapat Anda percaya dengan tulus, dapat Anda pengaruhi secara positif dan orang-orang yang mau dipacu mencapai gunung-gunung dalam hidup mereka.

4 bidang dibawah ini kami sarankan untuk Anda masukkan dalam proses pengembangan:

Sikap, adalah hal yang sangat menentukan orang tersebut akan berhasil dan mampu menikmati hidup atau tidak
Hubungan, adalah kemampuan berinteraksi dengan orang lain
Kepemimpinan
Ketrampilan pribadi dan professional
Ajarlah mereka untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Sebagian besar orang yang sudah nyaman dengan hidupnya, berhenti belajar. Buatlah mereka terus belajar mengembangkan diri mereka sendiri dan bertumbuh.

Orang yang Berpengaruh Menavigasi Orang Lain.

Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak daripada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh daripada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihatnya (Leroy Eims). Seorang pemimpin yang juga berperan sebagai navigasi mengetahui tempat tujuan. Anda mungkin sudah mengenali banyak potensi orang yang Anda coba bimbing, tetapi Anda perlu tahu lebih banyak dariitu. Anda perlu membuat mereka mengenali tempat tujuan mereka. Untuk melakukannya carilah hal-hal berikut.
• Apa yang mereka jeritkan dalam hati? Anda perlu tahu apa yang menyentuh hati mereka. Girah dan rasa kasihan adalah motivator yang hebat.
• Apa yang mereka nyanyikan? Apa yang menjadi beban mereka.
• Apa yang mereka impikan? Bantu mereka menjadi apa seharusnya mereka.

Seorang navigator juga merencanakan jalan. Bantulah orang-orang yang Anda coba bimbing dalam mereka merancangkan jalan mereka. Kemana mereka perlu pergi, apa yang perlu mereka ketahui dan bagaimana mereka perlu bertumbuh, itu semua harus mereka ketahui dan Andalah yang membantu mereka merancangkan jalan menuju hal-hal tersebut. Ketika Anda menjadi navigator, ketahuilah bahwa orang-orang yang anda bimbing tidak dapat menempuh perjalanan dalam sehari. Akan ada kesalahan-kesalahan dalam perjalanan mereka, tetapi tugas Anda adalah membuat perbaikan arah bagi mereka. Latih mereka untuk tidak menjadi lemah hanya karena kritikan yang melemahkan, latih mereka untuk tidak dikuasai oleh tantangan, dorong mereka memacahkan masalah-masalah yang ada dengan sederhana dan tanaman kepercayaan diri mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar